Standar Pelaporan
Keuangan Internasional (IFRS) adalah Standar berbasis prinsip, Interpretasi dan
Kerangka (1989) diadopsi oleh Dewan Standar Akuntansi Internasional (IASB).
Banyak standar membentuk bagian dari
IFRS dikenal dengan nama lama dari Standar Akuntansi Internasional (IAS). IAS
yang diterbitkan antara tahun 1973 dan 2001 oleh Dewan Standar Akuntansi
Internasional Committee (IASC). Pada tanggal 1 April 2001, IASB baru mengambil
alih dari IASC tanggung jawab untuk menetapkan Standar Akuntansi Internasional.
Selama pertemuan pertama Dewan baru diadopsi IAS dan SICs. IASB terus
mengembangkan standar memanggil standar IFRS baru.
- Struktur IFRS
IFRS dianggap sebagai 'prinsip berdasarkan' set
standar dalam bahwa mereka menetapkan aturan-aturan yang luas serta mendikte
perawatan khusus. Standar Pelaporan Keuangan Internasional terdiri dari:
·
Standar
Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS)-standar yang dikeluarkan setelah tahun
2001.
·
Standar
Akuntansi Internasional (IAS)-standar yang dikeluarkan sebelum 2001.
·
Interpretasi
berasal dari Pelaporan Keuangan Internasional Komite Interpretasi (IFRIC)-yang
diterbitkan setelah tahun 2001.
·
Interpretasi
Standing Committee (SIC)-yang diterbitkan sebelum 2001.
·
Kerangka Dasar
Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan (1989)
1.1.
IAS 8 Par. 11
"Dalam membuat penilaian yang
dijelaskan dalam ayat 10, manajemen akan merujuk kepada, dan mempertimbangkan
penerapan, sumber-sumber berikut dalam urutan:
(A) Persyaratan
dan pedoman dalam Standar dan interpretasi berurusan dengan masalah yang sama
dan terkait, dan
(B) Definisi,
kriteria pengakuan dan konsep pengukuran untuk aset, kewajiban, pendapatan dan
pengeluaran dalam Framework. "
- Kerangka
Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan
Keuangan menyatakan prinsip dasar untuk IFRS. IASB dan FASB Kerangka sedang
dalam proses menjadi diperbaharui dan konvergensi. Bersama Kerangka Konseptual
proyek bertujuan untuk memperbarui dan menyempurnakan konsep - konsep yang ada
untuk mencerminkan perubahan dalam pasar, praktek bisnis dan lingkungan ekonomi
yang terjadi dalam dua atau lebih dekade sejak konsep pertama kali
dikembangkan.
Tujuan keseluruhan adalah untuk menciptakan fondasi
standar akuntansi masa depan yang berbasis prinsip, konsisten secara internal
dan internasional konvergensi. Oleh karena itu IASB dan FASB Amerika Serikat
(dewan) adalah melaksanakan proyek bersama.
- Peran Kerangka
Deloitte menyatakan: Dengan tidak adanya Standar
atau Interpretasi yang secara khusus berlaku untuk transaksi, manajemen harus
menggunakan penilaian dalam mengembangkan dan menerapkan suatu kebijakan
akuntansi yang menghasilkan informasi yang relevan dan dapat dipercaya. Dalam
membuat penilaian itu, IAS 8,11 mengharuskan manajemen untuk mempertimbangkan definisi,
kriteria pengakuan, dan konsep pengukuran untuk aset, kewajiban, pendapatan,
dan pengeluaran dalam Framework. Ini elevasi pentingnya Kerangka ditambahkan
tahun 2003 revisi IAS 8. [2]
Tujuan
laporan keuangan
Sebuah pernyataan
keuangan harus mencerminkan pandangan yang benar dan adil dari urusan bisnis
organisasi. Seperti laporan yang digunakan oleh berbagai unsur masyarakat /
regulator, mereka perlu mencerminkan pandangan yang sesungguhnya dari posisi
keuangan organisasi. dan sangat membantu untuk memeriksa posisi keuangan usaha
selama satu periode tertentu.
1.
Asumsi
Underlying
IFRS
mengotorisasi dua model akuntansi dasar:
I.
Keuangan
pemeliharaan modal dalam unit moneter nominal, yaitu, akuntansi biaya historis
selama inflasi yang rendah dan deflasi (lihat Kerangka, Nominal 104 (a)).
II. Keuangan
pemeliharaan modal dalam unit daya beli konstan, yaitu, Konstan Item Daya Beli
Akuntansi - CIPPA - selama inflasi yang rendah dan deflasi (lihat Kerangka,
Nominal 104 (a)) dan Konstan Purchasing Power Akuntansi (lihat IAS 29) - CPPA -
selama hiperinflasi. Keuangan pemeliharaan modal dalam unit daya beli konstan
tidak berwenang berdasarkan US GAAP.
Berikut ini adalah empat asumsi yang mendasari dalam
IFRS: 1. Dasar Akrual: pengaruh transaksi dan peristiwa lain diakui pada saat
terjadi, bukan sebagai kas diperoleh atau dibayarkan.
1. Dasar
Akrual: pengaruh transaksi dan peristiwa lain diakui pada saat terjadi, bukan
sebagai kas diperoleh atau dibayarkan.
2. Kelangsungan:
suatu entitas akan berlanjut untuk masa mendatang.
3. Stabil
asumsi unit pengukuran: pemeliharaan modal keuangan dalam satuan moneter
nominal atau akuntansi biaya tradisional historis, yaitu, akuntan
mempertimbangkan perubahan daya beli mata uang fungsional sampai dengan tetapi
tidak termasuk 26% per tahun selama tiga tahun berturut-turut (yang akan 100 %
inflasi kumulatif selama tiga tahun atau hiperinflasi sebagaimana didefinisikan
dalam PSAK) sebagai material atau tidak cukup penting bagi mereka untuk memilih
pemeliharaan modal dalam unit daya beli konstan selama inflasi yang rendah dan
deflasi yang berwenang di IFRS dalam Kerangka, Nominal 104 (a)
Akuntan menerapkan asumsi unit pengukuran yang
stabil (Biaya Perolehan tradisional Akuntansi) selama inflasi tahunan sebesar
25% untuk 3 tahun berturut-turut akan menghancurkan 100% dari nilai sebenarnya
dari semua item nilai konstan riil non-moneter tidak dipelihara dengan
paradigma Biaya Perolehan.
4. Unit
daya beli konstan: pemeliharaan modal dalam unit daya beli konstan selama
inflasi yang rendah dan deflasi, yaitu penolakan terhadap asumsi unit
pengukuran yang stabil. Lihat Framework (1989), Ayat 104 (a). Pengukuran dalam
unit daya beli konstan (inflasi-penyesuaian) di bawah Item Konstan Akuntansi
Daya Beli barang non-moneter hanya nilai riil konstan (bukan item variabel)
perbaikan kerusakan yang disebabkan oleh Akuntansi Biaya Perolehan nilai nyata
nilai riil konstan non- item moneter tidak pernah dijaga konstan sebagai hasil
dari pelaksanaan asumsi unit pengukuran stabil selama inflasi yang rendah. Hal
ini tidak inflasi melakukan menghancurkan. Ini adalah implementasi dari asumsi
unit pengukuran yang stabil, yaitu, HCA. Hanya item nilai konstan riil
non-moneter yang disesuaikan dengan inflasi selama inflasi yang rendah dan
deflasi. Semua item non-moneter (kedua item nilai variabel riil non-moneter dan
nilai riil konstan item non-moneter) yang disesuaikan dengan inflasi selama
hiperinflasi seperti yang diharuskan dalam PSAK 29 Pelaporan Keuangan di
Hyperinflationary Ekonomi, yaitu di bawah Konstan Daya Beli Akuntansi.
2.
Karakteristik
kualitatif laporan keuangan
•
Understandability
•
Keandalan
•
komparatif
•
Relevansi
•
Benar dan Adil Lihat / Presentasi Fair
3.
Unsur-unsur
laporan keuangan
Posisi
keuangan dari suatu perusahaan terutama disediakan dalam Laporan Posisi
Keuangan. Elemen meliputi:
Aset:
Suatu aset sumber daya yang dikendalikan oleh perusahaan sebagai akibat
peristiwa masa lalu dari mana manfaat ekonomi masa depan yang diharapkan
mengalir ke perusahaan.
Kewajiban:
Kewajiban adalah kewajiban kini perusahaan yang timbul dari peristiwa masa
lalu, penyelesaian yang diharapkan dapat mengakibatkan arus keluar dari sumber
daya perusahaan ', yaitu, aset.
Ekuitas:
Ekuitas kepentingan sisa atas aktiva perusahaan setelah dikurangi semua
kewajiban di bawah model Sejarah Akuntansi Biaya. Ekuitas juga dikenal sebagai
pemilik modal. Di bawah unit daya beli model ekuitas konstan nilai riil konstan
dari ekuitas.
Kinerja
keuangan suatu perusahaan terutama disediakan dalam sebuah pernyataan
pendapatan atau laba rugi akun. Elemen-elemen dalam laporan laba rugi atau
unsur-unsur yang mengukur kinerja keuangan adalah sebagai berikut:
Pendapatan:
kenaikan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus masuk
atau perangkat tambahan aset, atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan
kenaikan ekuitas. Namun, tidak termasuk kontribusi yang dibuat oleh peserta
ekuitas, yaitu, pemilik, mitra dan pemegang saham.
Beban:
penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus
keluar, atau depletions incurrences aset atau kewajiban yang mengakibatkan
penurunan ekuitas.
Pendapatan
dan beban diukur dalam satuan moneter nominal dengan model Sejarah dan
Akuntansi Biaya dalam unit daya beli konstan (disesuaikan dengan inflasi) di
bawah Unit Konstan model Power Pembelian.
4.
Pengakuan
unsur laporan keuangan
Item diakui dalam laporan keuangan pada saat:
-
Itu kemungkinan
manfaat ekonomi masa depan akan mengalir ke atau dari suatu entitas.
-
Sumber daya yang
dapat diukur dengan andal - jika asumsi unit pengukuran yang stabil diterapkan
di bawah model Historicald Akuntansi Biaya: yaitu diasumsikan bahwa unit
moneter rekening (mata uang fungsional) benar-benar stabil (nol inflasi atau
deflasi), yang hanya diasumsikan bahwa tidak ada inflasi atau deflasi yang
pernah, dan item dinyatakan dengan Biaya asli Sejarah mereka nominal dari
tanggal yang sebelumnya: 1 bulan, 1 tahun, 10 atau 100 atau 200 atau lebih
tahun sebelumnya, yaitu asumsi unit pengukuran yang stabil diterapkan
barang-barang seperti saham, saldo laba, cadangan modal, semua item lainnya
dalam ekuitas pemegang saham, semua item dalam Laporan Pendapatan Komprehensif
(kecuali gaji, upah, sewa, dll, yang disesuaikan dengan inflasi per tahun), dll
Di bawah Unit Konstan model Power Purchasing, semua item
nilai konstan riil non-moneter yang disesuaikan dengan inflasi selama inflasi
yang rendah dan deflasi, yakni semua item dalam Pernyataan Pendapatan
Komprehensif, semua item dalam ekuitas, Piutang, Hutang Usaha, semua
non-moneter hutang, seluruh piutang non-moneter, ketentuan, dll
5.
Pengukuran
Unsur Laporan Keuangan
Par.
99. Pengukuran adalah proses penentuan jumlah moneter di mana elemen-elemen
laporan keuangan harus diakui dan dicatat di neraca dan laporan laba rugi. Hal
ini melibatkan pemilihan dasar pengukuran tertentu.
Par.
100. Sejumlah dasar pengukuran yang berbeda yang digunakan untuk derajat yang
berbeda dan dalam berbagai kombinasi dalam laporan keuangan. Mereka adalah
sebagai berikut:
(A) Sejarah biaya.
Aset dicatat sebesar jumlah kas dan setara kas yang dibayarkan atau nilai wajar
pertimbangan yang diberikan untuk mendapatkan mereka pada saat perolehan.
Kewajiban dicatat sebesar jumlah yang diterima dalam pertukaran untuk
kewajiban, atau dalam beberapa kondisi (misalnya, pajak penghasilan), pada
jumlah kas atau setara kas yang diharapkan akan dibayarkan untuk memenuhi
kewajiban dalam kegiatan usaha normal.
(B) biaya kini.
Aset dicatat sebesar jumlah kas dan setara kas yang harus dibayarkan jika sama
atau setara aset diperoleh saat ini. Kewajiban dicatat sebesar jumlah tak
terdiskonto setara kas atau kas yang akan diperlukan untuk menyelesaikan
kewajiban saat ini.
(C) Realisable
(settlement) nilai.
Aset dicatat
sebesar jumlah kas dan setara kas yang saat ini dapat diperoleh dengan menjual aset
dalam pembuangan teratur. Aset dicatat sebesar nilai sekarang dari diskonto
arus kas masa depan yang bersih yang item diharapkan untuk menghasilkan dalam
kegiatan usaha normal. Kewajiban dicatat sebesar nilai diskonto sekarang dari
arus kas masa depan bersih yang diharapkan akan diperlukan untuk menyelesaikan
kewajiban dalam kegiatan usaha normal.
Par. 101. Dasar pengukuran yang paling umum
diterapkan oleh entitas dalam penyusunan laporan keuangan adalah konsep biaya
perolehan. Hal ini biasanya dikombinasikan dengan pengukuran lainnya. Misalnya,
persediaan biasanya dicatat pada nilai terendah antara harga perolehan dan
nilai realisasi bersih, surat berharga dapat dilakukan pada nilai pasar dan
kewajiban pensiun dicatat sebesar nilai kini mereka. Selain itu, beberapa
entitas menggunakan konsep biaya saat ini sebagai respon terhadap
ketidakmampuan dari model akuntansi biaya historis untuk mengatasi dampak
perubahan harga aktiva non-moneter.
Konsep
Pemeliharaan Modal dan Modal
Perbedaan utama antara
US GAAP dan IFRS adalah kenyataan bahwa tiga konsep fundamental berbeda modal
dan pemeliharaan modal dasar dalam IFRS sementara US GAAP hanya kuasa dua
konsep modal dan pemeliharaan modal selama inflasi yang rendah dan deflasi: (1)
pemeliharaan modal fisik dan ( 2) pemeliharaan modal dalam unit moneter nominal
(Biaya Perolehan tradisional Akuntansi) sebagaimana tercantum dalam Nominal
45-48 dalam konseptual FASB Satement N º 5. US GAAP tidak mengakui konsep
sepertiga modal dan pemeliharaan modal selama inflasi yang rendah dan deflasi,
yaitu, pemeliharaan modal dalam unit daya beli konstan seperti yang berwenang
di IFRS dalam Kerangka, Nominal 104 (a) pada tahun 1989.
- Konsep Modal
Par.
102. Konsep keuangan modal diadopsi oleh entitas yang paling dalam penyusunan
laporan keuangan mereka. Di bawah konsep pembiayaan modal, seperti uang yang
diinvestasikan atau daya beli yang diinvestasikan, modal adalah sinonim dengan
aktiva bersih atau ekuitas entitas. Dalam konsep modal fisik, seperti operasi
kemampuan, modal dianggap sebagai kapasitas produktif dari entitas didasarkan
pada, misalnya, unit output per hari.
Par.
103. Pemilihan konsep yang tepat modal oleh entitas harus didasarkan pada
kebutuhan pengguna laporan keuangan. Dengan demikian, konsep pembiayaan modal
harus diadopsi jika pengguna laporan keuangan terutama berkaitan dengan
pemeliharaan modal yang diinvestasikan nominal atau daya beli modal yang
diinvestasikan. Namun, jika perhatian utama pengguna adalah dengan kemampuan
operasi entitas, konsep fisik modal harus digunakan. Konsep yang dipilih
menunjukkan tujuan yang akan dicapai dalam menentukan laba, meskipun mungkin
ada pengukuran beberapa kesulitan dalam membuat konsep operasional.
- Konsep Pemeliharaan Modal dan Penentuan Laba
Par.
104. Konsep modal dalam ayat 102 menimbulkan konsep pemeliharaan modal berikut:
(A)
Keuangan pemeliharaan modal. Dalam konsep ini keuntungan yang diperoleh jika
nilai (atau uang) keuangan aktiva bersih pada akhir periode melebihi nilai
(atau uang) keuangan aktiva bersih pada awal periode, setelah tidak termasuk
distribusi kepada, dan kontribusi dari, pemilik selama periode berjalan.
Keuangan pemeliharaan modal dapat diukur dalam satuan moneter baik nominal atau
unit daya beli konstan.
(B)
pemeliharaan modal fisik. Dalam konsep ini keuntungan yang diperoleh hanya jika
kapasitas produktif fisik (atau kemampuan operasi) dari entitas (atau sumber
daya atau dana yang dibutuhkan untuk mencapai kapasitas) pada akhir periode
melebihi kapasitas produktif fisik pada awal periode , setelah tidak termasuk
distribusi kepada, dan kontribusi dari, pemilik selama periode berjalan.
Konsep
modal dalam ayat 102 menimbulkan tiga konsep berikut modal selama inflasi yang
rendah dan deflasi:
(A) modal fisik. Lihat ayat 102 & 103
(B) modal nominal keuangan. Lihat ayat 104
(C) modal daya beli Konstan keuangan.Lihat ayat
104.
Konsep modal dalam ayat 102 menimbulkan tiga konsep
berikut pemeliharaan modal selama inflasi yang rendah dan deflasi:
(1) pemeliharaan modal fisik: opsional selama inflasi
yang rendah dan deflasi. Model Akuntansi Biaya Lancar ditentukan oleh IFRS.
Lihat Par 106.
(2) Keuangan pemeliharaan modal dalam unit moneter
nominal (Historical akuntansi biaya): disahkan oleh IFRS tetapi tidak
ditentukan-opsional selama inflasi yang rendah dan deflasi. Lihat Par 104 (a)
akuntansi biaya historis. Keuangan pemeliharaan modal dalam unit moneter
nominal per se selama inflasi dan deflasi adalah kekeliruan: tidak mungkin
untuk mempertahankan nilai riil modal konstan dengan pengukuran dalam satuan
moneter nominal per se selama inflasi dan deflasi.
(3) Keuangan pemeliharaan modal dalam unit daya beli
konstan (Constant Item Daya Beli Akuntansi): disahkan oleh IFRS tetapi tidak
ditentukan-opsional selama inflasi yang rendah dan deflasi. Lihat 104 Par (a).
Keuangan pemeliharaan modal dalam unit daya beli konstan diatur dalam IAS 29
[3] selama hiperinflasi: yaitu Konstan Purchasing Power Akuntansi - CPPA [5]
Hanya modal pemeliharaan keuangan dalam unit daya beli konstan per se secara
otomatis dapat mempertahankan nilai riil. konstan selama inflasi dan deflasi di
semua entitas keuangan modal yang setidaknya impas-ceteris paribus-untuk waktu
yang tidak terbatas. Ini akan terjadi apakah entitas memiliki aset tetap
revaluable atau tidak dan tanpa kebutuhan modal lebih atau keuntungan saldo
tambahan untuk sekedar menjaga nilai riil yang ada konstan yang ada ekuitas
konstan. Keuangan pemeliharaan modal dalam unit daya beli konstan membutuhkan
perhitungan dan akuntansi kerugian moneter bersih dan keuntungan dari memegang
item moneter selama inflasi yang rendah dan deflasi. Perhitungan dan akuntansi
kerugian dan keuntungan moneter bersih selama inflasi yang rendah dan deflasi
yang demikian telah resmi di IFRS sejak tahun 1989.
Par. 105. Konsep pemeliharaan modal berkaitan dengan
bagaimana suatu entitas mendefinisikan modal yang itu berusaha untuk
mempertahankan. Ini memberikan hubungan antara konsep modal dan konsep
keuntungan karena memberikan titik acuan dimana keuntungan diukur, yang
merupakan prasyarat untuk membedakan antara return entitas pada modal dan
kembalinya modal, arus masuk hanya aset di kelebihan jumlah yang diperlukan
untuk mempertahankan modal dapat dianggap sebagai keuntungan dan karena itu
sebagai pengembalian modal. Oleh karena itu, keuntungan adalah jumlah sisa yang
tersisa setelah biaya (termasuk penyesuaian pemeliharaan modal, bila sesuai)
telah dikurangi dari pendapatan. Jika biaya melebihi pendapatan jumlah sisa
kerugian.
Par. 106. Konsep pemeliharaan modal fisik memerlukan
adopsi konsep biaya saat pengukuran. Konsep pemeliharaan modal keuangan,
bagaimanapun, tidak memerlukan penggunaan dasar pengukuran tertentu. Pemilihan
dasar sesuai konsep ini tergantung pada jenis modal keuangan yang entitas
berusaha untuk mempertahankan.
Par. 107. Perbedaan utama antara dua konsep
pemeliharaan modal adalah perlakuan terhadap dampak perubahan harga aktiva dan
kewajiban entitas. Secara umum, suatu entitas telah mempertahankan modal jika
memiliki modal banyak di akhir periode seperti yang pada awal periode. Setiap
jumlah di atas dan di atas yang dibutuhkan untuk mempertahankan modal pada awal
periode adalah laba.
Par. 108. Di bawah konsep pemeliharaan modal
keuangan di mana modal didefinisikan dalam satuan moneter nominal, laba
mencerminkan peningkatan modal uang nominal selama periode tersebut. Jadi,
kenaikan harga aset yang dimiliki selama jangka waktu konvensional disebut
sebagai holding gains, adalah, konseptual, keuntungan. Mereka mungkin tidak
diakui sebagai tersebut, namun, sampai dengan aktiva tersebut dijual dalam
transaksi bursa. Ketika konsep pemeliharaan modal keuangan didefinisikan dalam
unit daya beli yang konstan, keuntungan merupakan kenaikan daya beli
diinvestasikan selama periode tersebut. Jadi, hanya bagian dari kenaikan harga
aset yang melebihi kenaikan tingkat harga umum dianggap sebagai keuntungan.
Sisa dari kenaikan tersebut diperlakukan sebagai penyesuaian modal dan
pemeliharaan, maka, sebagai bagian dari ekuitas.
Par. 109. Di bawah konsep pemeliharaan modal fisik
ketika modal didefinisikan dalam hal kapasitas produktif fisik, laba
mencerminkan peningkatan modal yang selama periode tersebut. Semua perubahan
harga yang mempengaruhi aktiva dan kewajiban entitas dipandang sebagai
perubahan dalam pengukuran kapasitas produktif fisik perusahaan; sehingga,
mereka diperlakukan sebagai penyesuaian pemeliharaan modal yang merupakan
bagian dari ekuitas dan bukan sebagai keuntungan.
Par. 110. Pemilihan basis pengukuran dan konsep
pemeliharaan modal akan menentukan model akuntansi yang digunakan dalam
penyusunan laporan keuangan. model akuntansi yang berbeda menunjukkan perbedaan
tingkat relevansi dan kehandalan dan, seperti di daerah lain, manajemen harus
mencari keseimbangan antara relevansi dan keandalan. Kerangka ini berlaku untuk
berbagai model akuntansi dan memberikan pedoman penyusunan dan penyajian
laporan keuangan dibangun di bawah model yang dipilih. Pada saat ini, ia tidak
bermaksud Dewan IASC untuk meresepkan model tertentu selain dalam keadaan luar
biasa, seperti untuk entitas pelaporan dalam mata uang ekonomi
hyperinflationary. Niat ini akan, bagaimanapun, akan ditinjau dalam terang
perkembangan dunia. [6]
Persyaratan
IFRS
IFRS laporan keuangan terdiri dari
(IAS1.8)
1. Pernyataan
Posisi Keuangan
2. Pernyataan
Pendapatan Komprehensif atau dua laporan terpisah yang terdiri dari suatu
Laporan Laba Rugi dan terpisah Pernyataan Pendapatan Komprehensif, yang
menyatukan Laba atau Rugi pada laporan laba rugi terhadap total pendapatan
komprehensif
3. Pernyataan
Perubahan Ekuitas (SOCE)
4. Pernyataan
atau Arus Kas Laporan Arus Kas
5. catatan,
termasuk ringkasan kebijakan akuntansi yang signifikan
Informasi komparatif
diperlukan untuk periode pelaporan sebelumnya (IAS 1,36). Sebuah entitas
mempersiapkan rekening IFRS untuk pertama kalinya harus menerapkan IFRS secara
penuh untuk periode berjalan dan komparatif walaupun ada pengecualian transisi
(IFRS1.7).
Pada tanggal 6 September 2007, IASB
menerbitkan revisi IAS 1 Penyajian Laporan Keuangan. Perubahan utama dari versi
sebelumnya adalah untuk mensyaratkan bahwa suatu entitas harus:
- Hadir semua perubahan non-pemilik dalam ekuitas (yaitu, 'pendapatan komprehensif') baik dalam satu Laporan pendapatan komprehensif atau dalam dua pernyataan (pernyataan pendapatan yang terpisah dan laporan pendapatan komprehensif). Komponen dari pendapatan komprehensif tidak dapat disajikan dalam Laporan perubahan ekuitas.
- Menyajikan laporan posisi keuangan (neraca) pada awal periode komparatif paling awal dalam satu set lengkap laporan keuangan ketika entitas menerapkan standatd baru.
- Menyajikan laporan arus kas.
- Melakukan pengungkapan yang diperlukan dengan cara catatan.
Revisi IAS 1 yang efektif untuk periode
tahunan yang dimulai pada atau setelah tanggal 1 Januari 2009. Awal adopsi
diperbolehkan.
proyek
IASB saat ini
Sebagian besar pekerjaan adalah.
Diarahkan pada konvergensi dengan US GAAP.
Adopsi
IFRS
IFRS digunakan di banyak bagian dunia,
termasuk Uni Eropa, Hong Kong, Australia, Malaysia, Pakistan, negara-negara
GCC, Rusia, Afrika Selatan, Singapura, dan Turki. Sejak 27 Agustus 2008, lebih
dari 113 negara di seluruh dunia, termasuk seluruh Eropa, saat ini membutuhkan
atau mengizinkan IFRS pelaporan. Sekitar 85 dari negara-negara memerlukan
pelaporan IFRS untuk semua, perusahaan-perusahaan domestik yang terdaftar.
Selain itu, AS juga gearing terhadap IFRS. SEC di AS secara perlahan tapi
semakin bergeser dari hanya membutuhkan US GAAP ke IFRS menerima dan
kemungkinan besar akan menerima standar IFRS dalam jangka panjang.
Hal ini umumnya diharapkan bahwa adopsi
IFRS di seluruh dunia akan bermanfaat bagi investor dan pengguna lain laporan
keuangan, dengan mengurangi biaya membandingkan investasi alternatif dan meningkatkan
kualitas informasi Perusahaan-perusahaan. Juga diharapkan dapat memberikan
manfaat, karena investor akan lebih bersedia memberikan pembiayaan Namun, Ray
J. Ball telah mengungkapkan beberapa keraguan dari biaya keseluruhan dari
standar internasional;. ia berpendapat bahwa penegakan standar bisa lemah, dan
perbedaan regional dalam akuntansi bisa menjadi dikaburkan balik label. Dia
juga menyatakan keprihatinan tentang penekanan nilai wajar IFRS dan pengaruh
akuntan dari daerah non-umum-hukum, di mana kerugian telah diakui secara kurang
tepat waktu.
Adopsi
IFRS untuk Daya Saing di Masa Depan
Thursday, January 28th, 2010
oleh : Neviana konsultan di sebuah firma penasihat bisnis global di Jakarta.
oleh : Neviana konsultan di sebuah firma penasihat bisnis global di Jakarta.
Akuntansi
merupakan satu-satunya bahasa bisnis utama di pasar modal. Tanpa standar
akuntansi yang baik, pasar modal tidak akan pernah berjalan dengan baik pula
karena laporan keuangan merupakan produk utama dalam mekanisme pasar modal.
Efektivitas dan ketepatan waktu dari informasi keuangan yang transparan yang
dapat dibandingkan dan relevan dibutuhkan oleh semua stakeholder
(pekerja, suppliers, customers, institusi penyedia kredit, bahkan
pemerintah). Para stakeholder ini bukan sekadar ingin mengetahui
informasi keuangan dari satu perusahaan saja, melainkan dari banyak perusahaan
(jika bisa, mungkin dari semua perusahaan) dari seluruh belahan dunia untuk
diperbandingkan satu dengan lainnya.
Pertanyaannya,
bagaimana kebutuhan ini dapat terpenuhi jika perusahaan-perusahaan masih
menggunakan bentuk dan prinsip pelaporan keuangan yang berbeda-beda? International
Accounting Standards, yang lebih dikenal sebagai International Financial
Reporting Standards (IFRS), merupakan standar tunggal pelaporan akuntansi
berkualitas tinggi dan kerangka akuntasi berbasiskan prinsip yang meliputi
penilaian profesional yang kuat dengan disclosures yang jelas dan transparan
mengenai substansi ekonomis transaksi, penjelasan hingga mencapai kesimpulan
tertentu, dan akuntansi terkait transaksi tersebut. Dengan demikian, pengguna
laporan keuangan dapat dengan mudah membandingkan informasi keuangan entitas
antarnegara di berbagai belahan dunia.
Implikasinya,
mengadopsi IFRS berarti mengadopsi bahasa pelaporan keuangan global yang akan
membuat suatu perusahaan dapat dimengerti oleh pasar global. Suatu perusahaan
akan memiliki daya saing yang lebih besar ketika mengadopsi IFRS dalam laporan
keuangannya. Tidak mengherankan, banyak perusahaan yang telah mengadopsi IFRS
mengalami kemajuan yang signifikan saat memasuki pasar modal global.
Di
dunia internasional, IFRS telah diadopsi oleh banyak negara, termasuk
negara-negara Uni Eropa, Afrika, Asia, Amerika Latin dan Australia. Di kawasan
Asia, Hong Kong, Filipina dan Singapura pun telah mengadopsinya. Sejak 2008,
diperkirakan sekitar 80 negara mengharuskan perusahaan yang telah terdaftar
dalam bursa efek global menerapkan IFRS dalam mempersiapkan dan
mempresentasikan laporan keuangannya.
Dalam
konteks Indonesia, konvergensi IFRS dengan Pedoman Standar Akuntansi Keuangan
(PSAK) merupakan hal yang sangat penting untuk menjamin daya saing nasional.
Perubahan tata cara pelaporan keuangan dari Generally Accepted Accounting
Principles (GAAP), PSAK, atau lainnya ke IFRS berdampak sangat luas. IFRS
akan menjadi kompetensi wajib-baru bagi akuntan publik, penilai (appraiser),
akuntan manajemen, regulator dan akuntan pendidik. Mampukah para pekerja accounting
menghadapi perubahan yang secara terus-menerus akan dilakukan untuk memenuhi
kebutuhan pasar global terhadap informasi keuangan? Bagaimanakah persiapan
Indonesia untuk IFRS ini?
Sejak
2004, profesi akuntan di Indonesia telah melakukan harmonisasi antara PSAK/Indonesian
GAAP dan IFRS. Konvergensi IFRS diharapkan akan tercapai pada 2012.
Walaupun IFRS masih belum diterapkan secara penuh saat ini, persiapan dan
kesiapan untuk menyambutnya akan memberikan daya saing tersendiri untuk entitas
bisnis di Indonesia.
Dengan
kesiapan adopsi IFRS sebagai standar akuntansi global yang tunggal, perusahaan
Indonesia akan siap dan mampu untuk bertransaksi, termasuk merger dan akuisisi
(M&A), lintas negara. Tercatat sejumlah akuisisi lintas negara telah terjadi
di Indonesia, misalnya akuisisi Philip Morris terhadap Sampoerna (Mei 2005),
akuisisi Khazanah Bank terhadap Bank Lippo dan Bank Niaga (Agustus 2005),
ataupun UOB terhadap Buana (Juli 2005). Sebagaimana yang dikatakan Thomas
Friedman, “The World is Flat”, aktivitas
M & A lintas negara bukanlah hal yang tidak lazim. Karena IFRS dimaksudkan
sebagai standar akuntansi tunggal global, kesiapan industri akuntansi Indonesia
untuk mengadopsi IFRS akan menjadi daya saing di tingkat global. Inilah
keuntungan dari mengadopsi IFRS.
Bagi pelaku bisnis pada umumnya,
pertanyaan dan tantangan tradisionalnya: apakah implementasi IFRS membutuhkan
biaya yang besar? Belum apa-apa, beberapa pihak sudah mengeluhkan besarnya
investasi di bidang sistem informasi dan teknologi informasi yang harus dipikul
perusahaan untuk mengikuti persyaratan yang diharuskan. Jawaban untuk
pertanyaan ini adalah jelas, adopsi IFRS membutuhkan biaya, energi dan waktu
yang tidak ringan, tetapi biaya untuk tidak mengadopsinya akan jauh lebih
signifikan. Komitmen manajemen perusahaan Indonesia untuk mengadopsi IFRS
merupakan syarat mutlak untuk meningkatkan daya saing perusahaan Indonesia di
masa depan.
21 Negara di
Bali Bahas Dampak IFRS
Sabtu,
21 Mei 2011 23:04 WIB | 1983 Views
Denpasar (ANTARA News) - Sekitar 300 peserta dari 21 negara,
termasuk Amerika Serikat, Australia, Jepang dan China, akan membahas adopsi
standar akuntansi internasional (IFRS) di Bali, dengan tuan rumah Ikatan
Akuntan Indonesia.
Kegiatan
bertajuk "The 5th IFRS Regional Policy Forum 2011" yang dijadwalkan
berlangsung Senin-Selasa (23-24/5), direncanakan dibuka oleh Wakil Presiden
Boediono, demikian panitia kegiatan tersebut dalam penjelasan disampaikan kepada
ANTARA di Denpasar, Sabtu.
Ketua DPN Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Prof Mardiasmo
menjelaskan konvergensi IFRS telah menjadi fenomena global, karena semakin
banyak negara yang mengadopsi standar akuntansi internasional tersebut.
Dewan
Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK-IAI), telah memulai
proses konvergensi itu sejak 2009 dan bertekad menyelesaikannya pada 2012. Namun,
suksesnya penerapan standar akuntansi internasional dalam suatu negara, tidak
lepas dari peran pasar modal, otoritas perpajakan dan regulator lainnya. Oleh
sebab itu, sangat penting untuk mendiskusikan bagaimana strategi dan dampak
dari konvergensi IFRS ini terhadap suatu negara.
"Kegiatan
ini sangat penting dan strategis bagi Indonesia, karena kita bisa menceritakan
kepada dunia, bagaimana perkembangan konvergensi IFRS di negeri ini," kata
Mardiasmo.
Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh IAI, namun
mendapatkan dukungan besar dari pemerintah Indonesia. "Hal itu juga dapat
menunjukkan kepada dunia, bahwa pemerintah kita sangat mendukung konvergensi
IFRS," ucapnya.
Kegiatan tahunan dalam wilayah Asia-Oceania itu diikuti para
penyusun standar akuntansi keuangan, pembuat kebijakan, regulator dan
pemerintah. Mereka akan bersama-sama berdiskusi mengenai isu-isu yang lebih
luas tentang peran masing-masing pihak dalam pelaporan keuangan dan bagaimana
pelaporan keuangan mempunyai dampak terhadap pembuatan kebijakan dan
implementasinya.
The 5th IFRS Regional Policy Forum mendapat sambutan luar
biasa dari para peserta di seluruh wilayah Asia-Ocenia dan akan dihadiri lebih
dari 300 peserta dari 21 negara. Mereka merupakan perwakilan dari badan
penyusun standar akuntansi, bank sentral, regulator pasar uang, regulator
perpajakan, pemerintah dan bursa efek.
Ke-21 negara yang akan menghadiri forum ini adalah
Australia, Selandia Baru, Malaysia, Jepang, China, Hong Kong, Singapura, Korea,
Pakistan, Kamboja, India, Indonesia, Filipina, Inggris, Amerika Serikat, Irak,
Makau, Myanmar, Brunei Darussalam, Thailand dan Maldives.
Beberapa topik menarik akan didiskusikan antara lain, bagiamana peran penyusun standar akuntansi lokal akibat suatu negara telah mengadopsi standar akuntansi internasional.
Apakah hal itu akan mengurangi peran penyusun standar akuntansi di setiap negara atau justru meningkatkan peran mereka sebagai mitra IASB. Indonesia, Jepang, India, Korea Selatan dan juga ketua IASB, Sir David Tweedie, akan menjadi panelis dalam sesi ini.(*) (Tz/T007/A011)
Editor:
Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011
COPYRIGHT © 2011
Indonesia Berlakukan Standar
Konvergensi Akuntansi IFRS 2012
Jakarta
( Berita ) : Indonesia akan memberlakukan standar akuntasi keuangan dengan
menggunakan standar akuntansi internasional (Konvergensi International
Financial Reporting Standard – IFRS) mulai awal 2012.
“Penerapan
konvergensi IFRS dimungkinkan sangat berpengaruh terhadap iklim dunia bisnis di
Indonesia,” kata Ketua Dewan Standar Akuntasi Keuangan Ikatan Akutansi
Indonesia (IAI), M Jusuf Wibisana pada seminar tentang “Dampak Konvergensi IFRS
terhadap Bisnis, di Jakarta, Kamis.
Menurut
dia, IAI memandang perlu untuk mengambil langkah-langkah sosialisasi dini
kepada publik mengenai dampak konvergensi terhadap laporan keuangan dan bisnis
menggunakan standar akutansi internasional.
Di
sisi lain, kata dia, tujuan konvergensi IFRS ini agar laporan keuangan yang
berdasarkan Pernyataan Standar Akutansi Keuangan (PSAK) tidak memerlukan
rekonsiliasi dengan laporan berdasarkan standar internasional.
“Kalaupun
ada, diupayakan hanya relatif sedikit sehingga akhirnya laporan auditor
menyebut kesesuaian dengan IFRS,” katanya.Ia menjelaskan, laporan standar IFRS
itu diharapkan meningkatkan kegiatan investasi secara global, memperkecil biaya
modal (cost of capital) serta lebih meningkatkan transparansi perusahaan dalam
penyusunan laporan keuangan.
Program
konvergensi IFRS ini dilakukan melalui tiga tahapan yakni tahap adopsi mulai
2008 sampai 2011 dengan persiapan akhir penyelesaian infrastruktur dan tahap
implementasi pada 2012.
Sementara
Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Ahmad Fuad Rahmany
mengatakan program standar akutansi internasional ini sudah dicanangkan sejak
Desember 2008 untuk jangka panjang.
“Namun
sebagian besar perusahaan masih belum siap menggunakan standar itu, sehingga
kita harapkan dalam dua tahun ke depan mereka sudah menggunakan IFRS,” katanya.
Menurutnya,
badan pasar modal dunia (International Organization of Securities Commissions –
IOSCO) telah mendorong Indonesia untuk menerapkan konvergensi IFRS.
“Kami
tidak hanya mendukung program itu, namun sangat penting bagi kami. Karena pasar
modal sudah mendunia, dimana ada transaksi di Indonesia juga berkaitan dengan
investasi negara lain,” ujarnya. (ant )
Mencermati
41 point penting dalam konvergensi PSAK–IFRS sebagai langkah pemantapan dalam
persiapan penerapan IFRS
Indonesia akhirnya memutuskan akan menerapkan IFRS mulai 1 Januari
2012, baik di lingkungan perusahaan maupun pemerintahan
Menurut Menkeu Sri Mulyani, konvergensi akuntansi Indonesia ke IFRS perlu didukung agar
Indonesia mendapatkan pengakuan maksimal dari komunitas internasional yang
sudah lama menganut standar ini. Penerapan IFRS ini sendiri secara
internasional dilakukan sebagai upaya untuk memperkuat arsitektur keuangan
global dan mencari solusi jangka panjang terhadap kurangnya transparansi
informasi keuangan.
Menurut Ketua Tim Implementasi IFRS-Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)
Dudi M Kurniawan, dengan mengadopsi IFRS, Indonesia akan mendapatkan tujuh manfaat sekaligus.
- Pertama, meningkatkan kualitas standar akuntansi keuangan (SAK).
- Kedua, mengurangi biaya SAK.
- Ketiga, meningkatkan kredibilitas dan kegunaan laporan keuangan.
- Keempat, meningkatkan komparabilitas pelaporan keuangan.
- Kelima, meningkatkan transparansi keuangan.
- Keenam, menurunkan biaya modal dengan membuka peluang penghimpunan dana melalui pasar modal.
- Ketujuh, meningkatkan efisiensi penyusunan laporan keuangan.
Tujuan Pelatihan
- Memahami arti pentingnya penerapan IFRS
- Mamahami ruang lingkup dan konsep pokok IFRS
- Memahami accounting treatment dalam IFRS
- Memahami konsep reporting dan disclosure dalam IFRS
- Memahami perbedaan antara IFRS dan PSAK dan konvergensi PSAK ke dalam IFRS
- Mendalami Financial Analysis and Interpretation dalam IFRS dan perbandingannya dengan PSAK
Siapa yang Menjadi Peserta?
Lokakarya ini diselenggarakan untuk staf / officer accounting dan
finance yang ingin memiliki dasar pengetahuan yang luas mengenai best
practicesbidang accounting khususnya
yang berkaitan dengan penerapan IFRS.
Metode Pelatihan
Pelatihan menggunakan metode ceramah dalam memahami konsep, dan
latihan/studi kasus dalam mendalami
teknik aplikasinya. Serta para peserta akan membuat action plan, untuk
menentukan rencana yang akan diterapkan setelah kembali ke dunia kerja
Artikel
ini mengacu kepada perbandingan IFRS dengan PSAK yang diterbitkan
oleh Deloitte sampai dengan 1 Januari 2007. Sampai dengan tanggal tersebut, 28
PSAK disusun dengan mengacu kepada IAS/IFRS, 20 PSAK dikembangkan dengan
mengacu kepada prinsip akuntansi Amerika Serikat, 8 PSAK dikembangkan sendiri
oleh IAI, dan 1 PSAK tentang perbankan syari’ah mengacu kepada standar
akuntansi yang diterbitkan oleh AAOIFI serta peraturan-peraturan terkait yang
berlaku di Indonesia.
Tabel
berikut meringkas referensi yang digunakan dalam pengembangan PSAK:
No.
|
PSAK
|
REFERENSI
|
1.
|
PSAK 1 Penyajian Laporan Keuangan
(Revisi 1998)
|
IAS 1 (Revised 1997) Presentation
of Financial Statements
|
2.
|
PSAK 2 Laporan Arus Kas (1994) (Reformat 2007)
|
IAS 7 (Revised 1992), Cash Flow
Statements
|
3.
|
PSAK 3 Laporan Keuangan Interim (Reformat 2007)
|
APB Opinion No. 28 (1973), Interim
Financial Statements
|
4.
|
PSAK 4 Laporan Keuangan
Konsolidasi (Reformat 2007)
|
IAS 27 (1989) Consolidated and
Separate Financial Statements
|
5.
|
PSAK 5 Pelaporan Segmen (Revisi
2000)
|
IAS 14 (Revised 1997) Segment
Reporting
|
6.
|
PSAK 7 Hubungan Pihak-Pihak yang
Mempunyai Hubungan Istimewa (Reformat 2007)
|
IAS 24 (1984) Related Party
Disclosures
|
7.
|
PSAK 8 Peristiwa Setelah Tanggal
Neraca (Revisi 2003)
|
IAS 10 (1978) Events after the
Balance Sheet Date
|
8.
|
PSAK 10 Transaksi dalam Mata Uang
Asing (Reformat 2007)
|
IAS 21 (Revised 1993) The Effects
of Changes in Foreign Exchange Rates
|
9.
|
PSAK 11 Penjabaran Laporan
keuangan Dalam Mata Uang Asing (Reformat 2007)
|
|
10.
|
PSAK 12 Pelaporan keuangan
mengenai Bagian Partisipasi Dalam Pengendalian Bersama Operasi dan Aset
|
IAS 31 (Revised 1990) Financial
Reporting of Interests in Joint Ventures
|
11.
|
|
IAS 25 (1986) Accounting for
Investments
|
12.
|
PSAK 14 Persediaan (Reformat 2007)
|
IAS 2 (Revised 1993) Inventories
|
13.
|
PSAK 15 Akuntansi Untuk Investasi
Dalam Perusahaan Asosiasi (Reformat 2007)
|
IAS 28 (Revised 1989) Accounting
for Investments in Associates
|
14.
|
|
IAS 16 (Revised 1993) Property,
Plant, and Equipment
|
15.
|
PSAK 18 Akuntansi Dana Pensiun
|
|
16.
|
PSAK 19 Aset Tidak Berwujud
(Revisi 2000)
|
IAS 38 (1998) Intangible Assets
|
17.
|
PSAK 21 Akuntansi Ekuitas
|
Peraturan-peraturan yang mengatur
perseroan di Indonesia serta beberapa SFAS mengenai akuntansi ekuitas
|
18.
|
PSAK 22 Akuntansi Penggabungan
Usaha (Reformat 2007)
|
IAS 22 (Revised 1993) Accounting
for Business Combinations
|
19.
|
PSAK 23 Pendapatan (Reformat 2007)
|
IAS 18 (1993) Revenue
|
20.
|
PSAK 24 Imbalan Kerja (Revisi
2004)
|
IAS 19 (Revised 2000) Employee
Benefits
|
21.
|
PSAK 25 Laba Atau Rugi Bersih
Untuk Periode Berjalan,Kesalahan Mendasar,dan Perubahan Kebijakan Akuntansi (Reformat 2007)
|
IAS 8 (Revised 1993) Net Profit or
Loss for the Period, Fundamental Errors, and Changes in Accounting Policies
|
22.
|
PSAK 26 Biaya Pinjaman (Revisi
1997) (Reformat 2007)
|
IAS 23 (Revised 1993) Borrowing
Costs
|
23.
|
PSAK 27 Akuntansi Perkoperasian
(Revisi 1998) (Reformat 2007)
|
Peraturan-peraturan mengenai
koperasi di Indonesia
|
24.
|
PSAK 28 (Revisi 1996) Akuntansi
AsuransiI Kerugian
|
|
25.
|
PSAK 29 Akuntansi Minyak dan Gas
Bumi
|
|
26.
|
|
|
27.
|
PSAK 31 Akuntansi Perbankan
(Revisi 2000)
|
|
28.
|
PSAK 32 Akuntansi Kehutanan
|
Peraturan-peraturan mengenai
kehutanan di Indonesia
|
29.
|
PSAK 33 Akuntansi Pertambangan
Umum
|
Peraturan-peraturan mengenai
pertambangan di Indonesia
|
30.
|
PSAK 34 Akuntansi kontrak
Kontruksi
|
IAS 11 (Revised 1993) Accounting
for Construction Contracts
|
31.
|
PSAK 35 Akuntansi Pendapatan Jasa
Telekomunikasi
|
Peraturan-peraturan mengenai
telekomunikasi di Indonesia
|
32.
|
PSAK 36 Akuntansi Asuransi Jiwa
|
|
33.
|
PSAK 37 Akuntansi penyelenggaraan
Jalan tol (Reformat 2007)
|
Peraturan-peraturan mengenai
manajemen jalan tol di Indonesia
|
34.
|
PSAK 38 Akuntansi Restrukturisasi
Ekuitas Sepengendali (Revisi 2004)
|
APB 16, 29
|
35.
|
PSAK 39 Akuntansi kerjasama
Operasi (Reformat 2007)
|
Peraturan-peraturan mengenai
kerjasama operasi di Indonesia
|
36.
|
Psak 40 Akuntansi Perubahan
Ekuitas Anak Perusahaan/Perusahaan Asosiasi
|
Beberapa prinsip akuntansi Amerika
Serikat
|
37.
|
PSAK 41 Akuntansi Waran (Reformat 2007)
|
|
38.
|
PSAK 42 Akuntansi Perusahaan Efek (Reformat 2007)
|
|
39.
|
PSAK 43 Akuntansi Anjak Piutang (Reformat 2007)
|
|
40.
|
PSAK 44 Akuntansi Aktivitas
Pengembangan Real Estat (Reformat 2007)
|
SFAS 66 Accounting for Sales of
Real Estate
|
41.
|
PSAK 45 Pelaporan Keuangan
Organisasi Nirlaba (Reformat 2007)
|
SFAS 117 Financial Statements of
Not-for-Profit Organizations
|
42.
|
PSAK 46 Akuntansi Pajak
Penghasilan (Reformat 2007)
|
IAS 12 (1996) Income Taxes
|
43.
|
PSAK 47 Akuntansi Tanah
|
Peraturan-peraturan pertanahan di
Indonesia
|
44.
|
PSAK 48 Penurunan Nilai Aset
|
IAS 36 (1998) Impairment of Assets
|
45.
|
PSAK 49 Akuntansi Reksa Dana
|
Peraturan-peraturan mengenai reksa
dana di Indonesia
|
46.
|
|
SFAS No. 115 Accounting for
Certain Investments in Debt and Equity Securities
|
47.
|
PSAK 51 Akuntansi
Kuasi-Reorganisasi (Revisi 2003)
|
ARB 43, Ch. 7 Capital Accounts,
Section A: Quasi Reorganizations or Corporate Readjustment
|
48.
|
PSAK 52 Mata Uang Pelaporan
|
SFAS No. 52 Foreign Currency
Translation
|
49.
|
PSAK 53 Akuntansi Kompensasi
Berbasis Saham
|
SFAS 123 Accounting for
Stock-Based Compensation
|
50.
|
PSAK 54 Akuntansi Restrukturisasi
Utang-Piutang Bermasalah
|
SFAS 15 Accounting by Debtors and
Creditors for Troubled Debt Restructuring
|
51.
|
|
SFAS 133 Accounting for
Derivatives Instruments and Hedging Activities
|
52.
|
PSAK 56 Laba Per Saham (LPS)
|
IAS 33 (1997) Earnings per Share
|
53.
|
PSAK 57 Kewajiban Diestimasi,
Kewajiban Kontijensi, dan Aset Kontijensi
|
IAS 37 (1998) Provisions,
Contingent Liabilities and Contingent Assets
|
54.
|
PSAK 58 Operasi Dalam Penghentian
|
IAS 35 (1998) Discontinuing
Operations
|
55.
|
PSAK 59 Akuntansi Perbankan
Syariah
|
|
Catatan:
- PSAK yang dicoret menunjukkan bahwa PSAK tersebut sudah direvisi dan tidak lagi berlaku. Sebagian revisi mungkin sudah konvergen dengan IFRS/IAS.
Komentar
Posting Komentar